Permenkes No. 28 Tahun 2014: Potongan Bidan Maksimal 5 Persen

bidanKementerian Kesehatan menetapkan potongan tarif layanan bidan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat bidan membangun jejaring dalam program Jaminan Kesehatan Nasional maksimal 5 persen. “Potongan maksimal 5 persen itu untuk pembinaan administrasi, mengelola kontrak bidan, oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan.” Ketentuan potongan maksimal diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan JKN

Dalam sistem JKN, bidan praktik mandiri tidak bisa menjalin kerja sama langsung dengan BPJS Kesehatan, tetapi harus membangun jejaring dengan fasilitas kesehatan tingkat pertama, baik puskesmas maupun klinik dokter bersama.

Ketentuan itu dibuat untuk menyederhanakan proses administrasi kontrak kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Cara ini juga mempermudah koordinasi karena bidan wajib melaporkan layanan yang diberikan. Selain itu, sistem ini memudahkan pembinaan teknis karena dalam beberapa kasus bidan akan merujuk pasiennya ke fasilitas kesehatan tingkat pertama ataupun ke jenjang yang lebih tinggi.

 “Pemotongan maksimal 5 persen di karenakan fasilitas kesehatan tingkat pertama harus membuat, mengumpulkan, serta mengompilasi laporan yang butuh tenaga dan sumber daya”.

Dengan adanya peraturan tersebut, bidan di daerah dapat mengontrol pelaksanaan aturan agar tidak ada lagi potongan tarif bidan dalam JKN oleh pemerintah daerah dengan menggunakan instrumen perda, atau dapat mengontrol agar potongan tarif tidak boleh melebihi 5 persen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: