Timor Leste Pelajari TNP2K Indonesia

timor lestetnp2kTim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) berperan dalam mendorong perubahan kebijakan penanggulangan kemiskinan, membuat sejumlah staf dari kantor Wakil Perdana Menteri Timor Leste mengunjungi kantor sekretariat TNP2K. Kunjungan ini difasilitasi oleh Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia. Rombongan diterima oleh Sekretaris Eksekutif TNPK Bambang Widianto yang didampingi oleh sejumlah staf ahli TNP2K.

Pada kesempatan tersebut, Bambang Widianto memberikan penjelasan mengenai struktur organisasi TNP2K, termasuk struktur sekretariat, dan perannya dalam mendorong perbaikan kebijakan berbagai program perlindungan sosial.

“TNP2K ini merupakan dapur. Dimana kita memasak berbagai usulan perbaikan kebijakan dari berbagai data hasil penelitian dan uji coba. Usulan ini kemudian menjadi bahan pertimbangan Bapak Wakil Presiden dan para Menteri dalam memutuskan sebuah kebijakan penanggulangan kemiskinan,” Jelas Bambang Widianto.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan bahwa sekalipun memberikan masukkan untuk perbaikan kebijakan, pelaksanaan kebijakan itu sendiri tetap berada di masing-masing kementerian, karena semua wewenang pelaksanaan termasuk anggaran berada pada kementerian tersebut.

Rombongan dari kantor Wakil Perdana Menteri Timor Leste ini dipimpin oleh Marcelino Magno, yang merupakan kepala staf di kantor Wakil Perdana Menteri Timor Leste, serta didampingi oleh beberapa adviser dari Timor Leste dan Kedutaan Besar Australia di Dili. “Kami mendapatkan saran dan masukkan bahwa TNP2K adalah merupakan tempat yang tepat untuk kami belajar mengenai pengembangan kebijakan penanggulangan kemiskinan,” jelas Marcelino Magno.

Sekretaris Eksekutif TNP2K pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa ada empat faktor yang mendorong efektivitas perbaikan kebijakan seperti yang dilakukan oleh TNP2K. Keempat faktor tersebut adalah adanya Champion dalam pemerintahan, adanya otoritas dalam mengambil keputusan strategis, adanya ketersediaan resources yang memadai, dan pool of professional talent yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang tinggi.

Setelah melakukan pertemuan dengan Sekretaris Eksekutif TNP2K, rombongan juga mengunjungi tempat pengelolaan Basis Data Terpadu (BDT) untuk melihat dari dekat fasilitas pengelolaan BDT tersebut.

sumber: TNP2K

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: