TNP2K Adakan Pelatihan PKH Bagi Pelaksana Program Regional

pkhDirektur Bantuan Sosial Kementerian Sosial RI, Dr. M.O. Royani, M.Si., mengungkapkan 237.571 peserta Program Keluarga Harapan (PKH) kohor 2008 telah mendapatkan resertifikasi pada tahun 2013. Menurut hasil awal, sebanyak 154.199 akan terus mendapatkan bantuan program (transisi), sementara 83.372 lainnya tidak lagi membutuhkan, atau tidak lagi memenuhi kriteria penerima manfaat. Angka pastinya akan didapatkan setelah proses pengaduan resertifikasi PKH yang dimulai akhir bulan ini selesai.

Hal tersebut disampaikan Dr. Royani dalam sambutannya pada pembukaan pelatihan bagi pelaksana PKH di daerah, yang mengangkat tema “Implementasi Penyerahan Hasil Resertifikasi dan Penanganan Pengaduan Resertifikasi PKH Kohor 2008”. Pelatihan tersebut diselenggarakan Kemensos, dengan dukungan Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), di Hotel Balairung Jakarta pada tanggal 11-13 September 2014.

Ainul Huda, Pimpinan Tim resertifikasi PKH, TNP2K menyampaikan mekanisme resertifikasi dan penanganan pengaduan. Ainul menggambarkan beberapa karakteristik yang harus diamati oleh para pelaksana program PKH di lapangan ketika melakukan penilaian terhadap Rumah Tangga yang berhak, termasuk aset dan kondisi kesehatan para anggota Rumah Tangga.

Selama kegiatan tiga hari, seluruh partisipan terlibat dalam kegiatan kelompok, dan menyampaikan aspirasinya. Beberapa di antaranya mengharapkan dapat mempelajari berbagai perubahan dalam materi PKH, dan mencoba memberi masukan bagaimana materi baru tersebut dapat dilaksanakan di lapangan.

PKH merupakan bantuan tunai bersyarat bagi 2,4 juta Rumah Tangga/keluarga yang memiliki kesejahteraan terendah di Indonesia. Para peserta memperoleh bantuan tunai bila memenuhi kriteria yang terkait dengan kesehatan dan pendidikan. Program ini tidak hanya membantu para pesertanya untuk mengatasi persoalan keuangan, tapi juga memperbaiki masa depan generasi penerus dari para peserta tersebut. Sebuah survei tentang resertifikasi tahun 2013 bagi para peserta yang terdaftar pada kohor 2007 dan 2008 dilaksanakan untuk menilai apakah para peserta yang telah menerima manfaat selama enam tahun itu masih memenuhi kriteria untuk terus mendapatkan bantuan.

Para peserta yang hadir datang dari berbagai pelosok Indonesia, khususnya Jawa, Sumatra, Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya selama beberapa bulan terakhir. Sebelumnya telah diselenggarakan kegiatan serupa di Bulan Agustus di Hotel Double Tree, Jakarta. Untuk membaca artikel sebelumnya, silakan baca di sini

sumber: TNP2K

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: