Komitmen Pelaksana Program Sukseskan Pengembangan Jejaring Program BSM

bsmSekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan rangkaian kegiatan lokakarya pengembangan jejaring program BSM-PKH-PNPM Generasi, bertempat di Hotel Elvin, Kabupaten Sumba Timur, NTT belum lama ini.

Dyah Larasati, perwakilan Kelompok Kerja Pengendali Program Bantuan Sosial, TNP2K menjelaskan bahwa selama ini masih banyak pemangku kepentingan maupun penerima manfaat program yang belum memiliki informasi yang baik tentang masing-masing program. Melalui kegiatan ini diharapkan para pemangku kepentingan dapat saling belajar, sekaligus berkomitmen untuk dapat bekerja sama mengembangkan jejaring dengan pengelola dan pelaksana program di tingkat lokal.

Dalam sambutannya, Yusuf Waluwanja, SH, M.Si, Kepada Dinas Pendidikan & Kebudayan kabupaten Sumba Timur, juga menyatakan kesiapannya untuk berkoordinasi mengembangkan jejaring dengan pengelola dan pelaksana program ditingkat lokal untuk dapat mengentaskan kemiskinan. “Untuk dapat melaksanakan program ini secara maksimal diperlukan sinergi antar program BSM-PKH-PNPM Generasi agar lebih banyak keluarga dapat hidup sejahtera dan anak-anak yang memiliki masalah biaya sekolah dapat terus melanjutkan sekolah dengan demikian tingkat kemiskinan dapat diminimalisasi,” ujar Yusuf.

Firdaus Yuni Dharta, Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kemendikbud dalam paparannya juga menjelaskan bahwa program BSM merupakan program Pemerintah dan bertujuan membantu siswa untuk mengatasi biaya-biaya yang timbul di luar infrastruktur, seperti pembelian buku dan alat-alat tulis, sehingga orangtua dapat terus mengarahkan anak-anak untuk tetap bersekolah.

Kegiatan ini secara umum bertujuan memastikan pelaksanaan program BSM yang lebih baik kedepannya, terbangunnya kerjasama yang solid untuk menjalankan mekanisme program di tingkat pusat maupun Kabupaten serta terlaksananya komplementaritas program BSM dengan beberapa program di tingkat lokal, seperti PKH dan PNPM Generasi.

Sebagai narasumber, hadir perwakilan dari Kemendikbud, Kemenag, Kemendagri dan diikuti pula oleh para pelaksana program BSM, PKH dan PNPM Generasi di Kabupaten Sumba Timur. Lokakarya di Kabupaten Sumba Timur kali ini sekaligus menutup rangkaian kegiatan uji coba yang sebelumnya telah diselenggrakan TNP2K di dua kabupaten, yaitu Bandung Barat dan Gorontalo.

sumber: TNP2K

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: