Workshop Penyusunan Laporan Kegiatan Pembangunan & Ujicoba SIM/SPP Program Raskin

tnp2kDalam rangka pelaksanaan Perbaikan Kebijakan Program Subsidi Beras Bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah (Raskin) seperti yang telah tertuang dalam Rencana Aksi Tim Koordinasi Raskin Pusat sebagai Tindak Lanjut dari Hasil Kajian Program Raskin yang dilaksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), saat ini Tim Koordinasi Raskin Pusat telah membangun Sistem Pengelolaan Pengaduan Program Raskin serta Sistem Informasi Manajemen (SIM) Program Raskin dengan dukungan dari Sekretariat TNP2K. Kedua sistem tersebut diujicobakan di tiga wilayah, yaitu Kota Batam-Provinsi Kepulauan Riau, Kota Surabaya-Provinsi Jawa Timur, dan Kabupaten Tabanan-Provinsi Bali.

Sebagai bagian dari dukungan tersebut, pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan (SPP) telah dilakukan di tingkat pusat maupun di ketiga wilayah ujicoba pada tanggal 13-29 Januari 2015 lalu (baca artikel sebelumnya di sini). Kegiatan ujicoba SPP Raskin ini juga dibarengi dengan sosialisasi mengenai Program Raskin dan saluran pengaduannya di kota/kabupaten wilayah ujicoba. Pada tanggal 9-13 Maret 2015 telah dilaksanakan kegiatan ujipetik (spot-check) SPP Raskin ditiga wilayah ujicoba tersebut untuk mengetahui efektivitas sosialisasi program dan pengaduan Raskin ditingkat kecamatan, kelurahan hingga RTS-PM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat).

Menindaklanjuti serangkaian kegiatan di atas dan mendekati akhir kegiatan ujicoba ini, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang diprakarsai tim Raskin klaster 1, mengadakan kegiatan “Workshop Internal: Penyusunan Laporan Kegiatan Pembangunan & Ujicoba SIM/SPP Program Raskin” yang berlangsung pada tanggal 17-19 Maret 2015 di Bogor.

Workshop ini bertujuan: 1) melakukan analisis atas tahapan-tahapan yang telah dilalui dalam rangka pembangunan dan ujicoba SIM/SPP Program Raskin; 2) mendapatkan masukan dari para peserta lokakarya sebagai pembelajaran/lesson learned dari kegiatan pembangunan dan ujicoba SIM/SPP Program Raskin serta tindak lanjutnya; 3) finalisasi laporan hasil ujipetik sosialisasi Raskin; 4) Menyusun paparan dan laporan akhir kegiatan pembangunan dan ujicoba SIM/SPP Program Raskin.

Melalui pengembangan SIM (www.raskin.web.id) yang didalamnya juga mengakomodir SPP Raskin, pengelola Program Raskin yaitu Tim Koordinasi Raskin di berbagai tingkatan (pusat, provinsi, kab/kota, kecamatan dan pelaksana distribusi) beserta masyarakat luas dapat mengakses informasi terkait Program Raskin.

Dengan adanya mekanisme pengaduan melalui berbagai saluran diharapkan adanya integrasi sehingga penyelesaian pengaduan dapat dilakukan secara berjenjang, selain itu pula diperlukan komitmen pemerintah daerah untuk turut mensukseskan mekanisme yang dibangun agar masyarakat dapat lebih memahami program Raskin dan berani melakukan pengaduan jika ditemui adanya penyelewengan terhadap 6 T (tepat jumlah, tepat harga, tepat mutu, tepat sasaran, tepat waktu, tepat administrasi). Selanjutnya pengadu dapat mengakses tindak lanjut (proses dan hasil) aduannya melalui web atau SMS.

sumber: TNP2K

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: