Lokakarya Finalisasi Mekanisme dan Instrumen Pendukung Pemutakhiran BDT 2015

tnp2kBDTTim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menyelenggarakan “Lokakarya Finalisasi Mekanisme dan Instrumen Pendukung Pemutakhiran Basis Data Terpadu (BDT) 2015,” dalam rangka menindaklanjuti arahan pentingnya sinkronisasi kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu dengan Pendataan Keluarga 2015 (BKKBN) dan mengakomodasi kebutuhan Kementerian Sosial (Kemensos). Bertempat di Hotel Kuta Paradiso, Denpasar, Bali ( 18-20/3/15) Sejak Januari 2012, BDT yang mencakup daftar dan informasi karakteristik sosial-ekonomi sekitar 25,2 juta rumah tangga dan 96,4 juta individu, telah menjadi rujukan utama bagi program perlindungan sosial nasional di Indonesia dalam menetapkan daftar penerima manfaat program.

Hal ini menunjukkan BDT memiliki peranan penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Oleh karena itu, dalam rangka memastikan BDT dapat mencerminkan kondisi sosial-ekonomi terkini, diperlukan upaya pemutakhiran.

Pemerintah Indonesia telah mengagendakan kegiatan pemutakhiran yang disebut dengan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015 yang akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), dengan dukungan aktif dari TNP2K. Kegiatan ini akan terdiri dari tiga bagian besar yaitu forum konsultasi publik, pencacahan, dan pemeringkatan serta pengelompokan status kesejahteraan rumah tangga. Forum konsultasi publik (FKP) merupakan inovasi baru yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keterlibatan pemerintah daerah dan masyarakat. Sebagai inovasi baru, FKP merupakan media yang ditujukan untuk memutakhirkan informasi administratif wilayah dan keberadaan rumah tangga. Hal yang lebih penting lagi, FKP merupakan fasilitas yang dirancang untuk menjangkau rumah tangga miskin yang belum tercakup dalam BDT. Dalam rangka meningkatkan layanan BDT kepada program perlindungan sosial nasional maupun daerah, kegiatan PBDT 2015 akan menambahkan cakupan informasi yang diperlukan untuk kebutuhan penetapan sasaran program dari berbagai Kementerian dan Lembaga, termasuk kebutuhan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Sosial.

Deputi Bidang Statistik Sosial, Wynandin Imawan, dalam sambutannya menyampaikan BPS siap menjalankan tugas untuk melakukan kegiatan pemutakhiran BDT. “Namun, perlu juga diperhatikan bahwa tugas dan kewajiban BPS adalah melaksanakan kegiatan lapangan, yaitu forum konsultasi publik dan pencacahan. Hasil dari lapangan ini akan diserahkan oleh BPS kepada pemerintah Indonesia, dalam hal ini TNP2K, untuk diolah lebih lanjut untuk menentukan status kesejahteraan terkini dari masing-masing rumah tangga,” ujarnya.

“Kepercayaan pelaksana program, baik program nasional maupun program inisiatif daerah, terhadap BDT telah tinggi dan kuat. Oleh karena itu, pemutakhiran BDT 2015 harus dapat menjawab kepercayaan ini dengan menyusun mekanisme pemutakhiran yang mencerminkan keterlibatan langsung pemerintah daerah dan masyarakat serta dapat menjangkau teman-teman kita yang miskin dan masih belum tercakup dalam BDT,” sambung Sudarno Sumarto, Kepala Penasihat Kebijakan, TNP2K.

Partisipasi aktif dan kerjasama pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat merupakan komponen terpenting dalam memastikan terwujudnya BDT yang lebih berkualitas sehingga mendukung upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 26 peserta yang mewakili pemerintah, BPS Pusat dan beberapa kepala BPS daerah. Pelibatan Kepala BPS daerah dalam lokakarya ini ditujukan untuk memperoleh umpan balik terhadap instrumen dan mekanisme yang disusun dalam rangka pelaksanaan Pemutakhiran BDT 2015.

sumber: TNP2K

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: