Tim Koordinasi Raskin Gelar Rakor Monitoring & Evaluasi Raskin

raskinTim Koordinasi Raskin Provinsi Riau menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Raskin se-Provinsi Riau 2015 di Pekanbaru. Acara diadakan pada (09/09) tersebut dibuka oleh Kepala Biro Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Provinsi Riau, Drs. H. Syafrial, dan dihadiri oleh perwakilan dari Tim Koordinasi Raskin Raskin dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau (termasuk diantaranya jajaran BPS dan Perum BULOG), serta beberapa perwakilan dari Tim Koordinasi Kecamatan dan Pelaksana Distribusi Raskin tingkat desa/kelurahan di Provinsi Riau.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini adalah Imelda Leiwakabessy, Koordinator Program Raskin, Pokja Kebijakan Program Bantuan Sosial Terpadu Berbasis Keluarga, TNP2K, Fajar G. Suryono, Pelaksana Teknis Sekretaris Tim Koordinasi (Tikor) Raskin Pusat mewakili Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK), dan Faruq Octobri Qomary, Kepala Perum BULOG Divre Riau dan Kepulauan Riau, mewakili Perum BULOG.

Imelda Leiwakabessy memaparkan hasil pembangunan dan ujicoba Sistem Informasi Manajemen (SIM) dan Sistem Pengelolaan Pengaduan (SPP) Program Raskin yang telah dilakukan di 3 wilayah (Kota Batam-Provinsi Kepri, Kota Surabaya-Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Tabanan-Provinsi Bali) pada Januari- Maret 2015 lalu.

Dalam penjelasanya Imelda menyampaikan bahwa kegiatan pembangunan dan ujicoba SIM-SPP Program Raskin ini merupakan bentuk dukungan Sekretariat TNP2K kepada Tim Koordinasi Raskin Pusat sebagai tindak lanjut atas rekomendasi hasil kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Program Raskin. Pasca ujicoba dan penyampaian hasilnya, SIM-SPP Program Raskin telah diserahkan oleh Sekretariat TNP2K kepada Tim Koordinasi Raskin Pusat (Kemenko PMK dan Kemendagri) untuk pengelolaan dan pengembangan selanjutnya. Oleh karena itu, bagi kabupaten/kota yang tertarik untuk mengimplementasikan SIM-SPP Raskin dapat berkonsultasi dengan Kemenko PMK dan Kementerian Dalam Negri (Kemendagri).

Sementara pada kesempatan lain Fajar G. Suryono menyampaikan apresiasi atas kinerja dan komitmen Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau sehingga Program Raskin di Provinsi Riau dapat berjalan relatif baik dan lancar. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya beberapa aspek pelaksanaan Program Raskin seperti penyusunan Juklak Raskin oleh Provinsi Riau, telah terbitnya SK Gubernur Riau yang mengatur Pembentukan Tim Koordinasi Raskin Provinsi Riau, penyampaian Laporan Pelaksanaan Program Raskin Semester 1/2015 kepada Tim Koordinasi Raskin Pusat, serta penyediaan APBD oleh sejumlah kab/kota di Provinsi Riau untuk mendukung pelaksanaan Program Raskin.

Dalam kurun 2 (dua) tahun kedepan, kebijakan Program Raskin masih tetap dilanjutkan dengan mekanisme yang sudah berjalan selama ini, namun dengan pelaksanaan perbaikan-perbaikan termasuk didalamnya perbaikan data penerima manfaat dan peningkatan kualitas beras Raskin.

sumber: web tnp2k

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: