Workshop Pendataan dan Validasi BSM/PIP Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud

bsmDalam rangkaian proses pendataan dan validasi data dari penerima Program Indonesia Indonesia Pintar (PIP), Direktorat Sekolah Dasar (SD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Workshop Nasional Pendataan dan Validasi Data BSM/PIP selama 3 (tiga) tahapan dimulai pada 25 – 27 Agustus (Tahap 1), 1 – 3 September (Tahap 2) bertempat di Hotel Padjajaran dan Suite, Bogor, dilanjutkan tanggal 8-11 September 2015 (tahap 3) bertempat di Hotel Rizen Premier, Puncak.

Hadir sebagai narasumber Dyah Larasati, anggota Kelompok Kerja (Pokja) Kebijakan Program Bantuan Sosial Terpadu Berbasis Keluarga, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang hadir sebagai narasumber selama tiga tahapan pelaksanaan workshop tersebut, menjelaskan mengenai pemanfaatan Basis Data Terpadu (BDT) sebagai dasar dari pengusulan anak usia sekolah (6-21 tahun yang berasal dari keluarga yang berada dibawah 25 persen tingkat kesejahteraan dan ekonomi) yang akan menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) pada tahun 2015.

Dyah juga menyampaikan secara singkat dampak dari pemanfaatan BDT untuk memperbaiki penetapan sasaran BSM sejak 2012 hingga 2014 dan diinformasikan pula mengenai Pemutakhiran Basis Data Terpadu 2015 (PBDT) yang tengah dilakukan oleh pemerintah kepada seluruh peserta yang hadir.

Selain pemaparan mengenai pemanfaatan BDT untuk PIP/KIP, beberapa topik lain yang disampaikan adalah mengenai kebijakan pemerintah (Kemendikbud) tentang PIP, pemanfaatan data PKH untuk PIP (dibawakan oleh Kemensos), Evaluasi Pencairan Dana PIP SD yang dibawakan oleh BNI, serta Pemantapan Penggunaan Aplikasi Verifikasi Indonesia Pintar (VIP) dan pengumpulan usulan siswa Kelas 1 SD yang baru untuk Tahun Ajaran 2015/2016.

Acara dibuka oleh Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad, M.Sc., PhD dan Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, Direktur Pembinaan SD, Ditjen Dikdasmen, Kemendikbud. Kegiatan ini juga dihadiri oleh kurang lebih 548 peserta yang terdiri dari pengelola BSM/PIP SD yang berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

sumber: tmp2k

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: