Direktur Katigade

JADI AKTIVIS SOSIAL

HARIAN KEBUMEN EKSPRES, Tanggal 6 Juli 2013

CIMG0114KEBUMEN– Siapa yang tak  kenal HARIYANTO FADELI. Di dunia aktivis dan pemberdayaan masyarakat namanya cukup tersohor. Bapak satu anak ini menapaki dunia aktivis sosial sejak tahun 2001. Dia pernah merintis pergerakan Bina Lingkungan Hidup Indonesia ( BLHI ) Kebumen pada tahun 2001 sampai dengan tahun 2003, dan diaulat sebagai koordinator advokasi lingkungan.

Dengan kepekaan sosialnya, dia melihat anak – anak jalanan juga mempunyai potensi untuk ikut serta membangun kebumen. anak jalanan tersebut direkrut dan disatukan dalam sebuah wadah Forum Masyarakat Pinggiran ( FMP ) kebumen yang didirikan pada tahun 2004 sampai dengan  sekarang. “anak jalanan juga komunitas masyarakat yang sangat perlu diberdayakan, dan juga punya potensi.” Katanya.

Pada tahun 2006, dia membentuk Komunitas Masyarakat Peduli Kebumen   ( KOMPAK ). Dalam komunitas ini, dia konsen mengawasi dunia pendidikan Kebumen, khususnya dana alokasi khusus ( DAK ) bidang pendidikan pada Dinas Pendidikan dan Olah raga Kebumen.

Dia juga pernah bergabung di organisasi kepemudaan Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) selama dua periode dan menjabat bidang advokasi. Bergabung pula dalam Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia ( FPBI ) Kebumen dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2013.”Saya juga ikut membentuk berdirinya Gabungan Masyarakat Sipil   ( GAMPIL ) Kebumen, sebuah gabungan lembaga swadaya masyarakat lokal dan LSM yogyakarta, konsen pada advokasi anggaran Kabupaten Kebumen.

Selama terjun di dunia aktivis, Hariyanto Fadeli memandang partisipasi yang selama ini didorong oleh para aktivis, masih belum membuahkan hasil yang sebenarnya.”partisipasi birokrasi hanya partisipasi semu. Pemerintah selama ini belum sepenuhnya membuka ruang partisipasi publik sebenarnya.” Katanya.

Menurut dia, pemerintah membuka ruang partisipasi hanya bersifat normatif saja, pada level penganggaran, monitoring, tidak melibatkan masyarakat.

”Jadi birokrasi masih belum sepenuhnya membuka kran transparansi dan partisipasi publik,” tandas Hariyanto Fadeli yang kini tinggal bersama keluarganya di gang asem RT 02 RW 04 desa Kutosari Kebumen.

 Saat ini, dia sedang konsen dalam kajian analisa kebijakan pemerintah, baik pusat, daerah maupun kabupaten, yang tergabung dalam Komite Kajian Kebijakan Daerah ( Katigade ), kebetulan dia ditunjuk sebagai presidiumnya. ( har ).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: