Agenda

Secara kelembagaan, Katigade lahir di awal tahun 2013. Namun secara personal, terutama direktur dan pendiri Katigade Kebumen, Hariyanto, sejak 2000 sudah aktif di organisasi non pemerintah atau LSM. Kegiatan Katigade yang paling utama adalah mengawal kebijakan daerah di Kebumen ini, mulai dari proses sampai kepada implementasi kebijakan yang siklusnya berjalan dan berganti setiap tahunnya.

Di tahun 2013 dan 2014 ini, Katigade mendampingi komunitas yang terbentuk pada Agustus 2013 di desa Kutosari Kebumen. Komunitas tersebut diberi nama “Komuniats Informasi Pojok JKN”. Komunitas ini bergerak di bidang “Akses Informasi” sektor kesehatan. Komunitas mendorong pemerintah kabupaten untuk membuka akses informasi terkait dengan pelaksanaan jaminan kesehatan yang ada di tahun 2013  dan keterbukaan informasi dalam kesiapan pelayanan kesehatan di 2014 yang nanti akan di kelola BPJS kesehatan dalam program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). Komunitas juga mendorong kepada stakeholder masyarakat untuk mengetahui lebih cepat terkait dengan pelaksanana jaminan kesehatan dan pelayanan kesehatan di Kebumen.

Katigade berharap, komunitas ini menjadi pilot program, sebagai percontohan kelompok masyarakat lainnya dalam mengakses informasi sektor kesehatan serta bagaiamana memanfaatkannya. Gambaran sederhana apa yang di lakukan komunitas ini adalah, bagaimana mengakses, mengumpulkan, menyimpan, mengolah lalau menyebarluaskan informasi kesehatan yang di dapat melalui pertemuan dan media yang ada maupun media yang di buat secara mandiri oleh komunitas Pojok JKN dalam bentuk newsletter dan media jejaring sosial di internet.

Katigade, tidak hanya aktif mengkritisi kebijakan daerah, namun juga terlibat langsung. Hal ini di karenakan-dengan terlibat langsung dalam perencanaan-perumusan kebijakan daerah akan lebih efektif  dalam memberikan ide dan gagasan Katigade untuk Kebumen. Tidak hanya kebijakan daerah saja, namun Katigade juga aktif mengkritisi kebijakan di atasnya (pusat), karena bicara kebijakan daerah tidak bisa lepas dengan kebijakan diatasnya (pusat).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: