Edisi 5

poto edisi 5Substansi Newsletter  Pojok JKN Kebumen Edisi 5 / Februari 2014 ;

  1. BPJS Kesehatan Kebumen masih belum profesional dalam melayani pendaftar peserta mandiri, kebijakan yang di buat bukan secara struktural tapi secara parsial.
  2. Belum profesionalnya fungsi BPJS Kesehatan sebagai pengelola  dana  jaminan kesehatan peserta, di buktikan dengan tidak adanya transparansi penggunaan dana untuk pembayaran kapitasi klaim rumah sakit, belum pernah di publikasikan.
  3. SDM BPJS Kesehatan masih terbawa paradigma lama (PT ASKES) mestinya ada perbedaan, karena PT Askes merupakan BUMN yang menangani asuransi PNS, sedangkan BPJS merupakan badan publik yang bersifat sosial.
  4. Belum padunya kesepahaman prosedur tata cara mekanisme yang berjalan dalam program JKN antara BPJS Kesehatan dengan  Faskes tingkat I, dan tingkat II.  Menimbulkan ketidaknyamanan pelayanan  yang di peroleh oleh pasien. Faktanya, masih adanya peserta Jamkesmas yang di bebani pembiayaan perawatan. Mestinya hal ini tidak terjadi. Peserta Jamkesmas yang operasi di salah satu rumah sakit swasta di Kebumen, di tarik sejumlah uang untuk biaya operasi.
  5. Belum adanya sinkronisasi kepesertaan dengan menggunakann tehnologi informasi secara online menjadikan kendala tersendiri bagi mitra BPJS (Faskes tingkat  I dan Faskes tingkat  II)
  6. Tidak adanya kepedulian Pemda di dalam mengupayakan kepesertaan PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), PGOT (Pengemis, Gelandangan dan Orang Tidak Mampu), fakir miskin, kaum difabel,  penghuni panti anak yatim, dan kelompok tak berdaya lainnya, menjadi problem tersendiri bagi pemerintah daerah.
  7. Cakupan kepesertaan dalam BPJS yang harus di buktikan dengan adanya identitas kependudukan menjadi kendala bagi PMKS/PGOT untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini terjadi karena BPJS mewajibkan setiap orang harus menjadi peserta BPJS terlebih dahulu sebelum memperoleh pelayanan kesehatan dari mitra BPJS.
  8. Ini cerminan bahwasanya program JKN yang digulirkan per 1 januari 2014 belum siap secara sistem untuk di jalankan.

Lebih jelas, silahkan download;

Newsletter Pojok JKN Kebumen Edisi 5 / Februari 2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: